Kamis, 26 Mei 2011

Analisis Semiotika dalam Novel Edensor karya Andrea Hirata

Saran
Sebagai mahasiswa pascasarjana Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan program studi Bahasa dan Sastra Indonesia, tidak harus berorientasi pada pendidikan saja, tetapi bahasa dan sastra adalah dunia yang luas.
Dari cerminan tersebut untuk mengetahui seberapa banyak sastra tulis khususnya novel tapi jarang yang bisa memberikan nilai-nilai lebih yang mampu membuat perubahan kearah yang lebih baik, sebagian besar hanya bernilai estetis atau hiburan semata, namun meski begitu tetap saja pembaca harus bisa memilah dan memilih karya sastra yang apresiatif positif, namun meski begitu tetap saja pembaca di Indonesia ini musti pandai mengungkap dan mempelajari. Untuk mengetahuinya perlu diadakan penelitian-penelitian terhadap kesusastraan kita, sehingga sastra tulis tidak hanya dapat hiburan saja, tetapi juga dapat dibaca dipahami dan dijadikan media pembelajaran yang positif oleh masyarakat luas.
Mempelajari dan mengembangkan karya sastra seperti novel sangat perlu ditingkatkan Oleh karena itu kita sebagai mahasiswa program pendidikan bahasa dan sastra Indonesia mempunyai tugas untuk menelusurinya dan terus menyosialisasikannya, sehingga dapat memperbanyak wawasan kesusastraan Indonesia.


















DAFTAR PUSTAKA

A.Teeuw.1983. Membaca dan Menilai Sastra.Jakarta: PT.Gramedia
Hirata, Andrea.2008.Edensor. Yogyakarta: PT. Pustaka Bentang
Kartika, Pheni Cahya. 2009. Skripsi: Nilai Nilai Didaktis dalam Novel Laskar Pelangi karya Adrea Hirata. UMSurabaya: Surabaya

Pradopo, Rachmat Djoko.1994. Prinsip-Prinsip Kritik Sastra, Gajah Mada University Press: Jogyakarta

Rahmanto.1988.Metode Pengajaran Sastra. Yogyakarta:PT.Karnisus
Santosa, Drs. Puji.1993.Ancangan Semiotika dan Pengkajian Susastra. Bandung:Angkasa

Semi, M.Atar.1988. Anatomi Sastra. Padang: Angkasa Raya
Wellek, Rene. Agustin Warren. 1993.Teori Kesusastraan. PT Gramedia: Jakarta
http://www.journal.unair.ac.id/filerPDF/Tinjauan%20Teoritik%20tentang%20Semiotik.pdf

14 komentar:

  1. ups, sorry ada penataan yang salah klo kamu masih butuh kasih alamat email kamu,aku email langsung y
    thanx

    BalasHapus
  2. mbak, aku juga mau dong analisisnya...
    emailku bloody_blade12@yahoo.com

    BalasHapus
  3. Assalamualaikum, mbak kalau boleh aku minta mbak buat referensi.
    Ne emailq
    ngantem@yahoo.co.id


    Terima kasih

    BalasHapus
  4. wah telat nih.. mau juga mbak dikirim ni email aku.
    taufiqsyahri@gmail.com

    terima kasih sebelumnya

    BalasHapus
  5. bolehkah saya di kirimi juga ??
    jundialifuddin@gmail.com

    BalasHapus
  6. minta juga dong...
    ni email aku.
    mastoe87@gmail.com

    BalasHapus
  7. kakak... boleh gk aku minta??

    email : edoadiantoramadhan30@gmail.com

    BalasHapus
  8. boleh aku minta kirimannya mbak.ini email aku.
    alfiah.aini@gmail.com
    balas

    BalasHapus
  9. saya juga tertarik. minta tolong dikirimkan ini e-mail saya:
    axhi_h@yahoo.com
    tolong dibantu ya...

    BalasHapus
  10. Salam.
    Boleh minta jga kan mbak :)
    Saya lg nyusun tugas akhir butuh bnyk penelitian terdahulu tentang semiotik dalam karya sastra. Mohon bantuanya yah mbak. rhuayda.08@gmail.com

    BalasHapus
  11. mba aku kirimi analisis yang ini ya, ini emailku tia.mukti@gmail.com.
    oke sebelumnya maksih mba, :)

    BalasHapus
  12. saya bolehkah minta ini email saya wulan.yuliany@gmail.com

    BalasHapus