Kamis, 21 April 2011

Pengertian Bahasa Gaul

Bahasa gaul adalah bahasa yang telah digunakan dan telah disepakati oleh kelompok tertuntu. Terutama anak muda yang menggunakan bahasa ini.
keterkaitan Bahasa Gaul dengan Sosial dan Pendidikan.
Dewasa ini sering diujumpai bermacam-macam bahasa yang diterapkan dilingkungan masyarakat misalnya Bahasa Gaul. Umumnya bahasa ini diterapkan oleh kelompok-kelompok tertentu, awal mula bahasa gaul tidak dipermasahkan namun kemunculannya menggencarkan masyarakat dan berkembang dengan pesat sehingga bersaing dengan bahasa indonesia. Bahasa ini juga sering digunakan digunakan disemua kalangan misalnya bahasa gaul digunakan dalam rapat formal (kenegaraan) maka secara tidak langgsung forum tersebut beralih menjadi forum non formal.
Contoh: presiden membuka rapat kenegaraan antara Singapura dan Indonesia
• Dengan ini saya buka acara pada pagi hari ini(penggunaan kalimat yang benar)
Coba bandingkan dengan kalimat kedua
• Dengan ini gue buka rapat pada pagi hari ini
Bahasa ini juga sering digunakan dalam kehidupan sehari-hari ironisnya bahasa ini dianggap baku karena masyarakat luas bisa menerimanya. Bahasa gaul juga tidak layak ketika digunakan dalm berkomunikasi dengan orang yang lebih tua, guru, maupun dosen karena komunikasi tersebut terkesan tidak sopan.
Contoh: sorang anak bertanya pada bapaknya
• Bapak mau pergi kemana??
Coba bandingkan dengan kalimat kedua
• Loe mau pergi kemana??
Kita patut was-was ketika bahasa gaul marak dikalangan kita, karena jika mau menganalisa apa sebenarnya bahasa gaul pasti akan prihatin.
Dalam dunia pendidikan bahasa ini hendaknya tidak digunakan karena jika dibiasakan maka kemunculannya akan semakin marak sehingga membahayakan bahasa indonesia sebagai bahasa nasional dan jika dibiarkan maka bahasa indonesia akan punah. Misalnya guru/dosen mengajar dengan bahasa gaul maka kegiatan belajar mengajar itu terkesan aneh dan tidak maksimal selain itu, bisa mengakibatkan produksi bahasa gaul akan berkembang pesat.
Contoh: seorang dosen mengajar mahasiswanya

Argumen mengenai bahasa gaul
Menurut kami bahasa gaul tidak layak digunakan karena jika digunakan secara terus-menerus maka secara tidak langsung menambah perbendaharan kata selain itu juga dapat merusak kaidah-kaidah bahasa indonesia. Seperti yang kita ketahui jika bahasa sudah diterima oleh masyarakat luas maka bahasa itu sah digunakan dan tidak menutup kemungkinan akan menjadi bahasa yang baku. Oleh karena itu agar posisi bahasa indonesia tidak tergeser oleh bahasa gaul dimanapun kita berada, dengan siapa kita bertutur harus dibiasakan menggunakan bahasa indonesia yang baik agar bahasa indonesia tetap dan abadi menjadi bahasa nasional. Semaksimal mungkin kita meminimalisir bahasa gaul karena munculnya sesuatu yang baru itu bermula dari kebiasaan.
Kritik penulis
Artikel yang disajikan menarik dan jelas sehingga orang yang membaca sadar kalau bahasa gaul harus diminimalisir dalam penggunaannya agar perkembangannya menurun dan segera punah karena kalau dibiarkan akan merajalela dan menjadi bumerang bagi bahasa indonesia.


oleh: Ayu widya # Ririn agustin # Slamin

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar